Minggu, 11 April 2010

ANDROID OS





Android adalah OS baru dalam dunia teknologi ponsel, saat ini di Indonesia hadir HTC Magic yang diklaim sebagai ponsel dengan OS Android Pertama yang hadir dipasar tanah air, Ponsel Android ini dikenalkan ke user oleh Telkomsel sebagai Operator selular terkemuka di Indonesia.
Android adalah software stack untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi , middleware dan aplikasi kunci, yang menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux . Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google , dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Alliance . Hal ini memungkinkan pengembang untuk menulis kode dikelola dalam bahasa Jawa , pengendalian perangkat Jawa dikembangkan melalui perpustakaan-Google.
SEJARAH ANDROID
Setelah beberapa kali membahas tentang Android baik Ponsel maupun aplikasinya tidak ada salahnya kalau kita semua mengetahui apa sih ANDROID itu ? Operating System yang bagaimanakan ANDROID itu ? Berikut ulasan semua tentang ANDROID :

Android adalah Operating System (OS), untuk perangkat mobile (pada Smartphone dan Netbook). OS ini sebenarnya menggunakan Kernel Linux (open source) dan kemudian dikembangkan oleh Google diteruskan oleh Open Handset Alliance. Android diluncurkan pada tanggal 5 Nopember 2007 dengan didukung oleh konsorsium 48 perusahaan hardware, software dan telekomunikasi yang tergabung dalam Open Handset Alliance (OHA). Tujuannya membentuk sebuah standar OS GRATIS dalam dunia perangkat mobile.

Awalnya Google melakukan akuisisi terhadap sebuah perusahaan kecil bernama Android, Inc. yang bermarkas di Palo Alto, California. KArena Android, Inc. ini adalah perusahaan yang memproduksi Operating System untuk device Mobile. Secara tidak langsung ini dianggap oleh khalayak ramai bahwa Google ingin masuk kepersaingan dunia Smartphone seperti yang dilakukan Blacberry dan Windows (Microsoft). Smapai ada seluruh media dunia mengangkat isu Google Phone dan ketika itu google membuat 30 Prototype Smartphone siap uji coba.


PAda akhirnya Google membuka lisensi OS Android secara penuh dengan lisensi Apache (pihak yang ingin mengembangkan ANDROID dapat melakukan tambahan secara bebas)dan karena itulah Android menjadi OS open source yang bebas dikembangkan pada smartphone dan netbook (lisensi untuk telephony dan network). Keputusan ini juga didukung oleh konsorsium OPen Handset Alliance (OHA).

Kelebihan dan kekurangan Android

Kelebihan:
- Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
- Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android.
- Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android)
- Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang lag atau bahkan terkena virus.

Kekurangan:

- Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya
- Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
- Masih sedikit yg memakai OS ini

Serba-serbi Android



Android boleh jadi merupakan topik baru yang belum begitu dikenal masyarakat umum, apalagi ditengah ramainya istilah-istilah baru di dunia gadget, kadang membuat kita bingung dan bertanya : Android, apaan lagi nih?
Android hanyalah nama dari sebuah Operating System (OS) buatan Google yang dibuat untuk ponsel pintar yang tak ubahnya seperti Symbian atau Windows Mobile. Berawal dari akuisisi Google di tahun 2005 terhadap perusaaan Android, kini Google sudah berhasil memposisikan OS ini sebagai alternatif menarik untuk OS ponsel pintar dan ternyata direspon dengan baik oleh pasar. Ponsel yang memilih memakai OS Android lalu diistilahkan Ponsel Android, dan kini mulai banyak dijumpai di pasaran mulai dari kelas menengah hingga kelas atas.
Ada beberapa hal menarik soal Android ini, diantaranya bahwa OS Android ini adalah gratis karena berbasis open-source dengan kernel Linux, sehingga vendor ponsel berlomba-lomba membenamkan OS ini ke produknya untuk menekan biaya. OS Android akan terus berkembang karena didukung oleh banyak developer besar yang tergabung dalam “Open Handset Alliance” seperti Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. saat ini versi pengembangan OS ini telah mencapai versi 2.0 dari sebelumnya generasi 1.6 dan 1.5.

Adapun fitur dari OS Android (dari Wikipedia) yaitu :
• mendukung peranti berlayar besar, layar sentuh dengan resolusi VGA, multi touch, bahkan dukungan terhadap grafik 3D berbasis OpenGL
• mendukung konektivitas umum seperti GSM, CDMA, EV-DO, UMTS, WiFi dan WiMax
• threaded messages untuk SMS
• browser bawaan yang lengkap dan berbasis open-source dan meraih skor tinggi untuk test Acid3
• mampu menjalankan Java berkat adanya implementasi Virtual Machine Compiler
• mendukung multimedia lengkap seperti H.264, AMR, AAC, MIDI dsb.
• mendukung perangkat keras modern seperti foto dan video, navigasi GPS dan accelerometer
• dukungan development environment termasuk device emulator, debugging, memory and performance profiling serta plugin untuk Eclipse IDE
• dukungan aplikasi lengkap hingga 30.000 jenis program melalui Android Market, cukup download dan instal tanpa bantuan PC, baik yang versi gratis maupun bayar (bandingkan dengan OS Bada dari Samsung yang sifat toko aplikasinya tertutup) .
OS Android ditargetkan akan meraih share tinggi dibawah Symbian di tahun depan, dan ponsel Android diyakini akan menekan penjualan BlackBerry dan iPhone apalagi ponsel Windows Mobile. Bahkan Facebook dan MySpace pun membuat aplikasi khusus untuk Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar